PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK DAN GAYA KELAS VII SMP NEGERI 2 TONDANO
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a macth materi gerak dan gaya pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Tondano. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII yang berjumlah 39 orang siswa. Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Secara klasikal ketuntasan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a macth pada siklus I untuk aspek kognitif yaitu 58,97% meningkat pada siklus II 87,17%, aspek afektif dengan persentase 61,53% meningkat pada siklus II menjadi 92,30%, dan pada aspek psikomotorik yaitu 66,66% meningkat juga pada siklus II menjadi 86,48%. Peningkatan pada ketiga aspek ini termasuk dalam kategori sangat baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a macth dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Tondano.
Article Details
How to Cite
Laim, D., Sasinggala, M., & Rungkat, J. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK DAN GAYA KELAS VII SMP NEGERI 2 TONDANO. SOSCIED, 8(1), 330-336. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v8i1.958
Section
Articles

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Katolik Saint Paul Sorong
References
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru, Bandung : CV. Alfabeta.
Huda, M. (2014). Model-model Pembelajaran dan Pembelajaran: Isu isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Isjoni. (2009). Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Slavin, R. E. (2010). Cooperative Learning. Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Suprijono, A. 2010. Cooperative Learning Teor dan Aplika Paiken. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Huda, M. (2011). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Trianto. (2010). Mendesain Model Pmebelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana
Rosidha, A. (2020). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Melalui Model Pembelajjran MAKE and Match Berbasis Media Katru Pintar. Jurnal Paedagogy, 7(4), 393.
Suyanto, Agus. (2010).Menjelajah Pembeljaaran Inovatif.Sidoarjo:Mais Media Buana Pustaka. Pelajar.
Lie, A. (2008). Cooperative Learning: Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kleas. Jakarta: Grasindo.
Ataupah, D. A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Materi Sistem GERAK Melalui model pembelajaran Koopertif Tipe Make a Match Siswa Kelaa-Xi Ipa Sma Negeri 8 Malang. JINoP (Jurnal Inovatif Pembelajaran ), 4(1), 11-16.
Fitriani, F. (2016). Penerapan Model Pemebelajaran Kooperatif Tipe A Match Untuk Meningkatkan Motivasi, Aktivitas, dan Haasil Belajar Biologi Kleas X. 1 SMA 1 Dua Boccoe Kabupaten Bone (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Arikunto, S. (2013). Penelitian Tindakan Kelas; Jakarta Bumi Aksara.
Arikuntoi, S . (2014). Penelitian Tidakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Huda, M. (2015). Model-Model Pembelajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta.Pustaka Belajar.
Riyanto, Y. (2012). Metodologi Penelitia Pendiddikan. Surabaya: Penerbit SIC.
Lengkong, M. G., Lengkong, J. O., & Sasinggala, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Sistem Pernapasan Di SMA Katolik St. Ignatius Manado. JSPB BIOEDUSAINS, 4(3), 298-305.
Isjoni. (2010). Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Rungkat, J. A., & Rogahang, M. K. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kleas VII SMP Negeri 1 Tlawaan. SCIENING: Science Learning Journal, 4(1), 87-93.
Monding, T., Lihiang, A., & Manuahe, C. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Pembelajaran Biologi Mteri Sistem Penceranaan Pada Manusia SMA Kristen Sonder. SOSCIED, 6(2), 410-418.
Huda, M. (2014). Model-model Pembelajaran dan Pembelajaran: Isu isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Isjoni. (2009). Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Slavin, R. E. (2010). Cooperative Learning. Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Suprijono, A. 2010. Cooperative Learning Teor dan Aplika Paiken. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Huda, M. (2011). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Trianto. (2010). Mendesain Model Pmebelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana
Rosidha, A. (2020). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Melalui Model Pembelajjran MAKE and Match Berbasis Media Katru Pintar. Jurnal Paedagogy, 7(4), 393.
Suyanto, Agus. (2010).Menjelajah Pembeljaaran Inovatif.Sidoarjo:Mais Media Buana Pustaka. Pelajar.
Lie, A. (2008). Cooperative Learning: Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kleas. Jakarta: Grasindo.
Ataupah, D. A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Materi Sistem GERAK Melalui model pembelajaran Koopertif Tipe Make a Match Siswa Kelaa-Xi Ipa Sma Negeri 8 Malang. JINoP (Jurnal Inovatif Pembelajaran ), 4(1), 11-16.
Fitriani, F. (2016). Penerapan Model Pemebelajaran Kooperatif Tipe A Match Untuk Meningkatkan Motivasi, Aktivitas, dan Haasil Belajar Biologi Kleas X. 1 SMA 1 Dua Boccoe Kabupaten Bone (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Arikunto, S. (2013). Penelitian Tindakan Kelas; Jakarta Bumi Aksara.
Arikuntoi, S . (2014). Penelitian Tidakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Huda, M. (2015). Model-Model Pembelajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta.Pustaka Belajar.
Riyanto, Y. (2012). Metodologi Penelitia Pendiddikan. Surabaya: Penerbit SIC.
Lengkong, M. G., Lengkong, J. O., & Sasinggala, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Sistem Pernapasan Di SMA Katolik St. Ignatius Manado. JSPB BIOEDUSAINS, 4(3), 298-305.
Isjoni. (2010). Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Rungkat, J. A., & Rogahang, M. K. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kleas VII SMP Negeri 1 Tlawaan. SCIENING: Science Learning Journal, 4(1), 87-93.
Monding, T., Lihiang, A., & Manuahe, C. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Pembelajaran Biologi Mteri Sistem Penceranaan Pada Manusia SMA Kristen Sonder. SOSCIED, 6(2), 410-418.