Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Dan Aktivitas Belajar IPA Siswa Di SMK Negeri 2 Tondano
Main Article Content
Abstract
ABSTRACT Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar IPA siswa pada materi bencana alam dan mitigasi bencana di SMK Negeri 2 Tondano. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain model dari Kemmis & Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X OTKP di SMK Negeri 2 Tondano Semester I tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 21 orang siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan tes hasil belajar. Instrumen penelitian yang digunakan ini adalah lembar observasi siswa, lembar kerja siswa (LKS), soal pilihan ganda, dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai presentase 61,12% dan pada siklus II diperoleh nilai presentase 88,89%, Kemudian pada hasil belajar siswa secara individual pada siklus I diperoleh nilai 57,14% dan pada siklus II diperoleh nilai 82,14%, sedangkan secara klasikal pada siklus I diperoleh nilai 28,57% dan pada siklus II diperoleh nilai 85,71%, Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar IPA siswa di SMK Negeri 2 Tondano.
Kata-kata kunci: Hasil Belajar, Aktivitas Belajar IPA, Jigsaw, Bencana Alam Dan Mitigasi Bencana.
Kata-kata kunci: Hasil Belajar, Aktivitas Belajar IPA, Jigsaw, Bencana Alam Dan Mitigasi Bencana.
Article Details
How to Cite
Asbanu, P., Sasinggala, M., & Dungus, F. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Dan Aktivitas Belajar IPA Siswa Di SMK Negeri 2 Tondano. SOSCIED, 6(1), 243-256. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v6i1.637
Section
Articles

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Katolik Saint Paul Sorong
References
Komsiyah, I. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Texas.
Ifa, M. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Boyolangu Pada Standar Kompetensi Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2 (2),715-722.
Sudarshono, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mata Pelajaran Roda dan Ban untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X OTT SMK Dwija Bhakti 2 Jombang. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif, 7 (1), 24–27.
Miarsyah, M., Mutiara, T., Luvfiati, D. (2008). Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SMK Dan MAK Kelas X. Jakarta. Penerbit Erlangga.
Kunandar. (2008). Langkah Muda Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hamalik, O. (2005). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta Tahun 2009.
Sugihartono., Fathiyah, K. N., Setiawan, F. A., Harahap, F., Nurhayati, S. R. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Syaiful Sagala. (2016). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta.
Slavin, Robert E. (2008). Cooperatif Learning. Bandung: Nusa Media.
Hamdayana, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia. 2014.
Komalasari, K. (2010). Pembelajaran konteksual. Bandung: Refika Aditama.
Kahar. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Supermat (Jurnal Pendidikan Matematika),9(1), 33–39.
Panjaitan, M., Gultom, G. (2017). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Pada Materi Kubus dan Balok Di Kelas VIII SMP Swasta Brigjen Katamso Medan. Jurnal Inspiratif, p-ISSN: 2442-8876, e-ISSN: 2528-0475 Vol. 3, No. 3 Desember 2017.
Wedayanti, N. L. S. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tiksiswa Kelas Xi Is 2 SMA Negeri 3 Singaraja tahun Pelajaran 2009/2010. Jurnal Pendidikan dan Kejuruan. JPTK, UNDIKSHA, Vol. 9, No. 2, Juli 2012: 81-92. ISSN 0216-3241.
Syarifuddin. (2015). Penerapan Pembelajran Kooperatif tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Ketercapaian Kompetensi Matematika Siswa di SMA. Jurnal Pendidikan MIPA 5 (1), 15.
Yunus, M. R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD GMIH Pitu Pada Tema 2 Sub Tema 1 Sumber Energi. Jurnal Pendidikan “Dodoto” Volume 21 No 21, Januari 2021:35 – 42
Haerati., Kaso, N., Takwi, M. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Journal of Islamic Education. Desember 2019, Vol.2, No.2, hal.175-186 ISSN(P): 2622-2671; ISSN(E): 2622-3201.
Ifa, M. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Boyolangu Pada Standar Kompetensi Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2 (2),715-722.
Sudarshono, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mata Pelajaran Roda dan Ban untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X OTT SMK Dwija Bhakti 2 Jombang. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif, 7 (1), 24–27.
Miarsyah, M., Mutiara, T., Luvfiati, D. (2008). Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SMK Dan MAK Kelas X. Jakarta. Penerbit Erlangga.
Kunandar. (2008). Langkah Muda Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hamalik, O. (2005). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta Tahun 2009.
Sugihartono., Fathiyah, K. N., Setiawan, F. A., Harahap, F., Nurhayati, S. R. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Syaiful Sagala. (2016). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta.
Slavin, Robert E. (2008). Cooperatif Learning. Bandung: Nusa Media.
Hamdayana, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia. 2014.
Komalasari, K. (2010). Pembelajaran konteksual. Bandung: Refika Aditama.
Kahar. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Supermat (Jurnal Pendidikan Matematika),9(1), 33–39.
Panjaitan, M., Gultom, G. (2017). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Pada Materi Kubus dan Balok Di Kelas VIII SMP Swasta Brigjen Katamso Medan. Jurnal Inspiratif, p-ISSN: 2442-8876, e-ISSN: 2528-0475 Vol. 3, No. 3 Desember 2017.
Wedayanti, N. L. S. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tiksiswa Kelas Xi Is 2 SMA Negeri 3 Singaraja tahun Pelajaran 2009/2010. Jurnal Pendidikan dan Kejuruan. JPTK, UNDIKSHA, Vol. 9, No. 2, Juli 2012: 81-92. ISSN 0216-3241.
Syarifuddin. (2015). Penerapan Pembelajran Kooperatif tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Ketercapaian Kompetensi Matematika Siswa di SMA. Jurnal Pendidikan MIPA 5 (1), 15.
Yunus, M. R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD GMIH Pitu Pada Tema 2 Sub Tema 1 Sumber Energi. Jurnal Pendidikan “Dodoto” Volume 21 No 21, Januari 2021:35 – 42
Haerati., Kaso, N., Takwi, M. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Journal of Islamic Education. Desember 2019, Vol.2, No.2, hal.175-186 ISSN(P): 2622-2671; ISSN(E): 2622-3201.