ANALISIS PEMAKAIAN BAHAN BAKAR DIESEL AKIBAT PENGARUH OVERSIZE MESIN MITSUBISHI 6D16-OA PADA KAPAL SPOB LATJINTA
Main Article Content
Abstract
Sistem penggerak kapal terbagi menjadi tiga sistem, yang merupakan sistem paling utama dalam penggerak kapal, yaitu mesin penggerak utama (main engine), sistem transmisi dan alat gerak (propulsor). Sistem transmisi dalam kapal berfungsi untuk menyambungkan gerakan dari mesin penggerak utama (main engine) ke alat gerak kapal (propulsor). Mesin diesel masih menjadi pilihan utama. Mesin diesel Mitsubishi adalah salah satu mesin diesel 4 tak 6 silinder dengan daya 185 HP yang digunakan oleh kapal spob latjinta sebagai mesin penggerak utamanya. Kapal SPOB LATJINTA adalah sebuah kapal milik PT. Klasaman Permai yang mana berfungsi sebagai kapal suplai bahan bakar ke daerah-daerah terpencil di kawasan Papua Barat.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah observasi lapangan untuk memperoleh data primer, dan didukung dengan data sekunder yang diperoleh dari wawancara.
Dari hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa perhitungan pemakaian bahan bakar (B) diperoleh pemakaian bahan bakar pada mesin Mitsubishi 6D16 adalah sebesar 42.262 kg/jam.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah observasi lapangan untuk memperoleh data primer, dan didukung dengan data sekunder yang diperoleh dari wawancara.
Dari hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa perhitungan pemakaian bahan bakar (B) diperoleh pemakaian bahan bakar pada mesin Mitsubishi 6D16 adalah sebesar 42.262 kg/jam.
Article Details
How to Cite
HETHARIA, M., LEWERISSA, Y., & VALESKA, V. (2021). ANALISIS PEMAKAIAN BAHAN BAKAR DIESEL AKIBAT PENGARUH OVERSIZE MESIN MITSUBISHI 6D16-OA PADA KAPAL SPOB LATJINTA. Jurnal Voering, 4(1), 1-7. https://doi.org/10.32531/jvoe.v4i1.327
Section
Articles

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Katolik Saint Paul Sorong
References
Banne, Markus Sampe. ("Analisa Kandungan Karbon Monoksida (CO) Pada Mesin Diesel Dan Bensin.") ( Arika Jurnal Teknik Industri 2011): 191-200.
Eryadi, D., Putra, T. D., & Endayani, I. D. (2016). Pengaruh penggunaan alat penghemat bahan bakar berbasis elektromagnetik terhadap unjuk kerja mesin diesel. PROTON,
Lewerissa, Y. J. (2013, Agustus 19). e-Journal Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin. Retrieved from Pasca UNHAS: http//pasca.unhas.ac.id/jurnal/#2109
Hetharia, M. (2012). Analisa Pengaruh Kapasitas Udara Untuk Campuran Bahan Bakar Terhadap Prestasi Mesin Diesel. Arika Jurnal Teknik Industri.
Murni,M.(2010). Kaji Eksperimental Pengaruh Temperatur Biodisel Minyak Sawit Terhadap Performansi Mesin Diesel Direct Injection Putaran Konstan (Doctoral dissertation, Diponegoro University).
Martyr, A. J. and M A Plint. Engine Testing Theory And Practice Third Edition. Elsevier, 2007
Arismunandar Wiranto, Motor Diesel Putaran Tinggi(Jakarta:Pradya Paramita ,1981)
Petrovsky, N. (1978). Marine Internal Combustion Engines. Moscow: Mir Publishers.
Eryadi, D., Putra, T. D., & Endayani, I. D. (2016). Pengaruh penggunaan alat penghemat bahan bakar berbasis elektromagnetik terhadap unjuk kerja mesin diesel. PROTON,
Lewerissa, Y. J. (2013, Agustus 19). e-Journal Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin. Retrieved from Pasca UNHAS: http//pasca.unhas.ac.id/jurnal/#2109
Hetharia, M. (2012). Analisa Pengaruh Kapasitas Udara Untuk Campuran Bahan Bakar Terhadap Prestasi Mesin Diesel. Arika Jurnal Teknik Industri.
Murni,M.(2010). Kaji Eksperimental Pengaruh Temperatur Biodisel Minyak Sawit Terhadap Performansi Mesin Diesel Direct Injection Putaran Konstan (Doctoral dissertation, Diponegoro University).
Martyr, A. J. and M A Plint. Engine Testing Theory And Practice Third Edition. Elsevier, 2007
Arismunandar Wiranto, Motor Diesel Putaran Tinggi(Jakarta:Pradya Paramita ,1981)
Petrovsky, N. (1978). Marine Internal Combustion Engines. Moscow: Mir Publishers.