PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X SMA NEGERI 1 TONDANO

Main Article Content

Priscilla Esther Christi Sumarjanto
John Robby Wenas
Derel Filandy Kaunang

Abstract

Minat belajar dapat dilihat dari kemauan siswa dalam belajar dan tidak cepat merasa bosan. Salah satu teori belajar yang dapat diterapkan dalam pembelajaran adalah teori humanistik. Implementasi teori humanistik dapat berupa model pembelajaran, salah satunya adalah model Quantum Learning. Model ini memiliki sintaks pembelajaran TANDUR. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara meningkatkan minat belajar siswa dengan penerapan model kuantum dalam pembelajaran matematika di kelas X SMA Negeri 1 Tondano. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase minat belajar siswa sebesar 79,44% dengan kategori sangat baik. Oleh karena itu, simpulan penelitian ini adalah penerapan model Quantum Learning dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa.

Article Details

How to Cite
Sumarjanto, P., Wenas, J., & Kaunang, D. (2025). PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X SMA NEGERI 1 TONDANO. SOSCIED, 8(1), 143-150. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v8i1.949
Section
Articles

References

Londa, K., & Domu, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Leaning Berbasis Web Pada Kemampuan Higher Order Thinking Skils (Hots). MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi Dan Kolaborasi, 1(2), 25–28.

Pangemanan, A., Wenas, J. R., & Slamet, M. (2020). Perbandingan Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together dan Team Assisted Individualization pada Materi Statistika Siswa SMP Negeri 1 Remboken. JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 8(1), 59-63.

Kaunang, D. F. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education dalam Pembelajaran Matematika Materi Persamaan Garis Lurus di SMP Kristen Tomohon. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 307-314.

Apriyani, R., Domu, I., & Sumarauw, S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament pada Pembelajaran Matematika Materi Bentuk Aljabar di SMP Negeri 2 Tondano. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 900-906.

Pratiwi, N. K. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota Tangerang. Pujangga: Jurnal Bahasa dan Sastra, 1(2), 31-31.

Prasetyo, R., & Suciptaningsih, O. A. (2022). Penerapan Teori Belajar Humanistik Pada Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Global Education. 3(2). 233–237.

Aradea, R., & Harapan, E. (2019). Pengaruh Penerapan Teori Belajar Humanistik terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Kewirausahaan. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 4(1), 90–96.

Hastuti. (2022). Pengaruh Penerapan Teori Belajar Humanistik terhadap Minat Belajar PAI di Kelas VIII SMP Negeri 1 Salomekko Kabupaten Bone. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Alauddin. Makassar.

Habsy, B. A., Nashihah, D., & Atsila, B. A. (2024). Teori Belajar Humanistik serta Penerapannya dalam Pembelajaran. TSAQOFAH, 4(2), 658–673.

Misbahayati, M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar PJOK Siswa Kelas V SD Negeri 43 Rejang Lebong. Jurnal Pendidikan Guru, 4(3). 63–71.

Harahap, E. L., Imamuddin, M., Fitri, H., & Rahmat, T. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1168–1174.

Suwarno, M. (2016). Kombinasi Quantum Learning dan Media Motivasi “Mathemagic” untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Posiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 2(1), 128–137.

Rufaidah, A. (2015). Pengaruh Intelegensi dan Minat Siswa terhadap Putusan Pemilihan Jurusan”. Jurnal Ilmiah Kependidikan, Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI, 2(2). 139–146.

Sholehatin, S., & Wirdati, W. (2021). Metode Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama. An-Nuha, 1(3), 251–270.

Amelia, P. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMP Citra Bangsa. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Hidayat, I. M., Hujaeri, A., & Bachtiar, M. (2024). Studi Analisis Peran Psikologi Kognitif dan Humanistik dalam Pembelajaran. Jurnal Paris Langkis. 5(1), 329–343.

Makin, B. (2017). Pendidikan Humanistik: Konsep, Teori, Aplikasi Praktis dalam Dunia Pendidikan. Yogyakarta: Ar - Ruzz Media.

Insani, F. D. (2019). Teori Belajar Humanistik Abraham Maslow dan Carl Rogers serta Implikasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(2), 209–230.

Lestari, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Metode Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 231–239.

Grasela, J. N., Syakur, A., & Syam, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Siswa Kelas X SMAN 10 Luwu Utara. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 1(2), 74–82.

Anisa, A., Medriati, R., & Putri, D. H. (2019). Pengaruh Model Quantum Learning terhadap Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Siswa Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 201–208.

Setiawan, A., Nugroho, W., & Widyaningtyas, D. (2022). Pengaruh Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 1 Gamping. TANGGAP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 92–109.

Alzaura, F. (2022). Penerapan Model Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Aksara Jawa Pada Siswa Kelas VI SDN 2 Kebumen Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Sari, P. O. W., Wardani, N. S., & Prasetyo, T. (2019). Pengaruh Pembelajaran Saintifik Example Non Example terhadap Minat Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 319–325.

Ariyanto, L., Rahmawati, N. D., & Haris, A. (2020). Pengembangan Mobile Learning Game Berbasis Pendekatan Kontekstual terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. JIPMat, 5(1), 36–48.
Abstract viewed = 3 times
PDF downloaded = 3 times