PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI STRUKTUR LAPISAN BUMI MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI DIFERENSIASI DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 DEPOK KABUPATEN CIREBON

Main Article Content

Larasati Harijanto
Norma Bastian
Samsudin Samsudin

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik disebabkan oleh kurangnya pemahaman terhadap materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan materi Struktur Lapisan Bumi melalui penerapan model Problem Based Learning yang dikombinasikan dengan pendekatan diferensiasi di kelas VIII E SMP Negeri 1 Depok, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek sebanyak 32 peserta didik dan dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus I, sebanyak 11 peserta didik (34,38%) mencapai ketuntasan, sementara 21 peserta didik (65,63%) belum tuntas. Pada siklus II, terjadi peningkatan dengan 25 peserta didik (78,13%) yang tuntas dan 7 peserta didik (21,88%) yang belum tuntas. Dengan demikian, terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 43,75% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning yang terintegrasi dengan diferensiasi efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Struktur Lapisan Bumi di kelas VIII E SMP Negeri 1 Depok.

Article Details

How to Cite
Harijanto, L., Bastian, N., & Samsudin, S. (2025). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI STRUKTUR LAPISAN BUMI MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI DIFERENSIASI DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 DEPOK KABUPATEN CIREBON. SOSCIED, 8(1), 294-300. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v8i1.947
Section
Articles

References

T. Badlisyah, “Penerapan Model Mengajar,” Implement. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 1–20, 2014, [Online]. Available: https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/19714/9147

Y. Maulidawati, D. Siska, Safriana, Syafrizal, and Widya, “penerapan model project based learning berbasis diferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi suhu dan kalor,” J. Ris. Inov. pembelajaran Fis., vol. 7, no. 2, pp. 130–138, 2024.

L. Harijanto, J. Rungkat, and M. Rogahang, “Hubungan Antara Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri 3 Tondano,” J. Soc. Sci. Educ., vol. 6, no. 1, p. 258, 2023, [Online]. Available: https://www.poltekstpaul.ac.id/jurnal/index.php/jsoscied/article/view/643

. D. Sal Sabilla, A. N. Prafitasari, and M. A. Somad, “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif di Kelas X.2 SMAN Umbulsari,” Exp. J. Sci. Educ., vol. 3, no. 1, pp. 1–8, 2023, doi: 10.18860/experiment.v3i1.23298.

D. W. S. HS, Model Pembelajaran Problem Based Instruction, vol. 1. 2021. [Online]. Available: https://educhannel.id/blog/artikel/model-pembelajaran-problem-based-instruction.html

M. Purba, N. Purnamasari, S. Soetantyo, I. R. Suwarma, and E. I. Susanti, Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction). 2021.

D. Nursa’adah, U. A. Tutun, and A. A. Siti, “PENERAPAN PEMBELAJARAN DIFERENSIASI DENGAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA,” vol. 10, pp. 221–235, 2025.

Mu’alimin and R. A. C. Hari, “Penelitian tindakan kelas Teori dan Praktek,” Ganding, vol. 44, no. 8, pp. 1–87, 2014, [Online]. Available: http://eprints.umsida.ac.id/4119/1/BUKU PTK PENUH.pdf

V. Erviana Yuli, D. Sulisworo, B. Robi’in, and E. Rismawati Nur Afina, Model Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Virtual Reality untuk Peningkatan HOTS Peserta didik. 2022.

C. T. Rosidah, “Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Menumbuhkembangkan Higher Order Thinking Skill Peserta didik Sekolah Dasar,” Inventa, vol. 2, no. 1, pp. 62–71, 2018, doi: 10.36456/inventa.2.1.a1627.

R. Ismail, S. Inayah, and O. R. Imawan, “PEMBELAJARAN DENGAN PROBLEM BASED LEARNING Strategi dan Implementasi,” no. December, 2024.

H. Kristiani, E. I. Susanti, N. Purnamasari, M. Purba, M. Y. Saad, and Anggaeni, Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) pada Kurikulum Fleksibel sebagai Wujud Merdeka Belajar di SMPN 20 Tanggerang Selatan. 2021.

K. Andajani, “Modul Pembelajaran Berdiferensiasi,” Mata Kuliah Inti Semin. Pendidik. Profesi Guru, vol. 2, 2022.
Abstract viewed = 1 times
PDF downloaded = 2 times