PHET VIRTUAL SIMULATION TRAINING TO IMPROVE TEACHER COMPETENCE AT SMPN 1 PLERED
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pelatihan penggunaan simulasi virtual PhET dan dampaknya terhadap peningkatan kompetensi guru IPA di SMPN 1 Plered. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sebanyak 15 guru berpartisipasi dalam pelatihan. Hasil menunjukkan bahwa pelatihan membantu guru memahami cara menggunakan PhET Simulation dan mengintegrasikannya dalam pembelajaran IPA secara interaktif. Guru mampu merancang kegiatan pembelajaran berbasis eksperimen virtual dan lebih percaya diri dalam menyampaikan konsep-konsep abstrak. Selain itu, penggunaan simulasi PhET dinilai efektif meningkatkan keterlibatan dan pemahaman peserta didik. Meskipun masih terdapat kendala seperti keterbatasan perangkat dan akses teknologi, pelatihan ini terbukti memberi dampak positif terhadap kesiapan guru dalam memanfaatkan media digital. Simulasi PhET menjadi solusi alternatif untuk keterbatasan laboratorium dan meningkatkan kualitas pembelajaran IPA.
Article Details
How to Cite
Hanikah, H., Mutiara, H., Utami, G., Hanifah, H., Rohmawati, I., & Siregar, I. (2025). PHET VIRTUAL SIMULATION TRAINING TO IMPROVE TEACHER COMPETENCE AT SMPN 1 PLERED. SOSCIED, 8(1), 107-115. https://doi.org/10.32531/jsoscied.v8i1.931
Section
Articles

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
LPPM Politeknik Katolik Saint Paul Sorong
References
Candra, R., & Hidayati, D. (2020). Penerapan Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses dan Kerja Peserta Didik di Laboratorium IPA. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(1), 26–37. https://doi.org/10.32923/edugama.v6i1.1289
Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamaluddin. (2020). PhET: Simulasi Interaktif dalam Proses Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 10–14. DOI: 10.29303/jipp.v5i1.103
Hanikah, H., A. Faiz., P. Nurhabibah & M. A. Wardani. (2022). Penggunaan Media Interaktif Berbasis Ebook di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Darmaji, S., Purwaningsih, S., Lestari, N., Riantoni, C., & Falah, H. S. (2023). Pelatihan PhET Virtual Laboratory untuk Meningkatkan Kompetensi Guru IPA dalam Merancang Kegiatan Pembelajaran. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 739-745.
Rianti, R., et al. (2024). Implementasi PhET Simulation dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Sains, 8(1), 23-35.
Guru, D. et al. (2023). Penggunaan Laboratorium Virtual dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Fisika, 15(1), 67-78.
Bahtiar, B., Ibrahim, I., & Maimun, M. (2020). The Effect of PhET Simulation-Based Learning on The Ability to Understand Elementary Science Concepts in Work and Energy Material. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA).
Ibrahim, Bahtiar, B., Maimun, M., Suranti, N. M. Y., Alimuddin, N., Wahyuningsih, B. Y., & Hasnawati, H. (2024). Pelatihan Penggunaan Phet Simulation Untuk Meningkatkan Keterampilan Ipa Calon Guru Sd Tahun 2024. Jurnal Interaktif: Warta Pengabdian Pendidikan, 4(1), 33–38. https://doi.org/10.29303/interaktif.v4i1.142
Amin, B. D., Nurhayati, N., Azis, A., & Swandi, A. (2019). Identifikasi Potensi Penggunaan Bahan Ajar Fisika Berbasis Simulasi Komputer yang Interaktif dengan Model Inkuiri Terbimbing pada Konsep Abstrak: Studi Literatur and Survey.
Riantoni, C., Astalini, A., & Darmaji, D. (2019). Studi penggunaan PhET Interactive Simulations dalam pembelajaran fisika. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 6(2), 71-75.
Irvani, A. I., Warliani, R., & Amarulloh, R. R. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal PkM MIFTEK, 1(1), 35-41.
Danim, S. (2003). Riset Keperawatan Sejarah dan Metodologi. EDC: Jakarta.
Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., & Dasmo, D. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan PhET Simulation Bagi Guru MGMP Fisika Kabupaten Serang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2).
Jamaluddin, J., Jufri, A. W., Muhlis, M., & Bachtiar, I. (2020). Pengembangan Instrumen Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pijar Mipa, 15(1), 13–19. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i1.1296
Gunawan & Liliasari (2012). Model Virtual Laboratory Fisika Modern untuk Meningkatkan Disposisi Berpikir Kritis Calon Guru. Jurnal Ilmiah Cakrawala Pendidikan. Th. XXXI, No. 2 : 185-199.
Zacharia, Z. & Anderson, O.R. (2003). The Effect of an Interactive Computer-Based Simulation Prior to Performing A Laboratory Inquiry-Based Experiment on Students Conceptual Understanding of Physics. American Journal of Physics, 71 (6), 618-629.
Verdian F. M.A Jadid, M.N Rahmani. (2021). Studi Penggunaan Media Simulasi PhET Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika Vol. 01 No. 02
Finkelstein, et al. (2006). Hightech Tools for Teaching Physics: The Physics Education Technology Project. Merlot Journal of Learningand Teaching, 2(3):1-20. Retrieved from https://www.researchgate. net/profile/Wendy_Adams2/publication/25 1348703_High Tech_Tools_for_Teaching_ Physics_the_Physics_Education_Technolo gy_Project/links.pdf
Firmansyah, D., Dhiva Shifani Ramadhan, A., Rindi, R., Nur Hafidah, S., Lia Toebing, R., Koimah, K., Nurpuspita Sari, D., Aulia, W., Yuni Pratiwi, N., & Ahmad Zaky El Islami, R. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Phet Simulation terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Abad Ke-21, 2(1), 33–39.
Pujiningsih, A. L. M., Gunawan, A., & Adi, Y. K. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Berbantuan Phet Simulations terhadap Hasil Belajar Siswa. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 6(1), 1-16
Adams, W. K, Wieman, C. E, & Perkins. K. K (2009). PhET: Simulations That Enhance. Learning.
Khoiriyah, I., Rosidin, U., & Suana, W. (2015). Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan PhET Simulation dan KIT Optika Melalui Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(5), 97–107. http://phet.colorado.edu.
Arifin, M. M., & Harijanto, A. (2011). Pembelajaran Online Terhadap.
Muzana, S. R., Lubis, S. P. W., & Wirda. (2021). Penggunaan Simulasi PhET terhadap Efektifitas Belajar IPA. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(1), 227–236. Retrieved from http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi/article/download/1587/815
Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamaluddin. (2020). PhET: Simulasi Interaktif dalam Proses Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 10–14. DOI: 10.29303/jipp.v5i1.103
Hanikah, H., A. Faiz., P. Nurhabibah & M. A. Wardani. (2022). Penggunaan Media Interaktif Berbasis Ebook di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Darmaji, S., Purwaningsih, S., Lestari, N., Riantoni, C., & Falah, H. S. (2023). Pelatihan PhET Virtual Laboratory untuk Meningkatkan Kompetensi Guru IPA dalam Merancang Kegiatan Pembelajaran. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 739-745.
Rianti, R., et al. (2024). Implementasi PhET Simulation dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Sains, 8(1), 23-35.
Guru, D. et al. (2023). Penggunaan Laboratorium Virtual dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Fisika, 15(1), 67-78.
Bahtiar, B., Ibrahim, I., & Maimun, M. (2020). The Effect of PhET Simulation-Based Learning on The Ability to Understand Elementary Science Concepts in Work and Energy Material. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA).
Ibrahim, Bahtiar, B., Maimun, M., Suranti, N. M. Y., Alimuddin, N., Wahyuningsih, B. Y., & Hasnawati, H. (2024). Pelatihan Penggunaan Phet Simulation Untuk Meningkatkan Keterampilan Ipa Calon Guru Sd Tahun 2024. Jurnal Interaktif: Warta Pengabdian Pendidikan, 4(1), 33–38. https://doi.org/10.29303/interaktif.v4i1.142
Amin, B. D., Nurhayati, N., Azis, A., & Swandi, A. (2019). Identifikasi Potensi Penggunaan Bahan Ajar Fisika Berbasis Simulasi Komputer yang Interaktif dengan Model Inkuiri Terbimbing pada Konsep Abstrak: Studi Literatur and Survey.
Riantoni, C., Astalini, A., & Darmaji, D. (2019). Studi penggunaan PhET Interactive Simulations dalam pembelajaran fisika. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 6(2), 71-75.
Irvani, A. I., Warliani, R., & Amarulloh, R. R. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal PkM MIFTEK, 1(1), 35-41.
Danim, S. (2003). Riset Keperawatan Sejarah dan Metodologi. EDC: Jakarta.
Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., & Dasmo, D. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan PhET Simulation Bagi Guru MGMP Fisika Kabupaten Serang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2).
Jamaluddin, J., Jufri, A. W., Muhlis, M., & Bachtiar, I. (2020). Pengembangan Instrumen Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pijar Mipa, 15(1), 13–19. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i1.1296
Gunawan & Liliasari (2012). Model Virtual Laboratory Fisika Modern untuk Meningkatkan Disposisi Berpikir Kritis Calon Guru. Jurnal Ilmiah Cakrawala Pendidikan. Th. XXXI, No. 2 : 185-199.
Zacharia, Z. & Anderson, O.R. (2003). The Effect of an Interactive Computer-Based Simulation Prior to Performing A Laboratory Inquiry-Based Experiment on Students Conceptual Understanding of Physics. American Journal of Physics, 71 (6), 618-629.
Verdian F. M.A Jadid, M.N Rahmani. (2021). Studi Penggunaan Media Simulasi PhET Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika Vol. 01 No. 02
Finkelstein, et al. (2006). Hightech Tools for Teaching Physics: The Physics Education Technology Project. Merlot Journal of Learningand Teaching, 2(3):1-20. Retrieved from https://www.researchgate. net/profile/Wendy_Adams2/publication/25 1348703_High Tech_Tools_for_Teaching_ Physics_the_Physics_Education_Technolo gy_Project/links.pdf
Firmansyah, D., Dhiva Shifani Ramadhan, A., Rindi, R., Nur Hafidah, S., Lia Toebing, R., Koimah, K., Nurpuspita Sari, D., Aulia, W., Yuni Pratiwi, N., & Ahmad Zaky El Islami, R. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Phet Simulation terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Abad Ke-21, 2(1), 33–39.
Pujiningsih, A. L. M., Gunawan, A., & Adi, Y. K. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Berbantuan Phet Simulations terhadap Hasil Belajar Siswa. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 6(1), 1-16
Adams, W. K, Wieman, C. E, & Perkins. K. K (2009). PhET: Simulations That Enhance. Learning.
Khoiriyah, I., Rosidin, U., & Suana, W. (2015). Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan PhET Simulation dan KIT Optika Melalui Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(5), 97–107. http://phet.colorado.edu.
Arifin, M. M., & Harijanto, A. (2011). Pembelajaran Online Terhadap.
Muzana, S. R., Lubis, S. P. W., & Wirda. (2021). Penggunaan Simulasi PhET terhadap Efektifitas Belajar IPA. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(1), 227–236. Retrieved from http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi/article/download/1587/815